Senin, 26 April 2010

Prasangka Buruk dan Cara Mencegahnya

Prasangka Buruk
Prasangka buruk...merupakan sikap yang banyak di miliki oleh sebagian manusia। dan itu dapat melahirkan sesuatu yang berujung negatif prasangka buruk tidak hanya terjadi di lingkungan luar saja, namun dapat juga kita jumpai di dalam rumah tangga....ini disebabkan karena pasangan suami istri yang tidak mempunyai sikap pengertian atau kepercayaan satu sama lain sehingga muncul rasa cemburu yang berlebihan। sehingga dapat juga saling menimbulkan berprasangka buruk terhadap pasangannya।Biasanya kita berprasangka buruk terhadap sesuatu yang awalnya kita anggap kurang baik। dan begitu seterusnya।Prasangka buruk merupakan keputusan atau opini yang prematur...dimana hasil positif atau negatif penilaian pada seseorang yang tidak didasarkan pada bukti2 yang dapat di pertanggung जवाब्कन। Prasangka buruk mungkin bisa kita identikkan dengan negatif thingking. atau bisa juga dari negatif thingking tersebut dapat melahirkan sikap prasangka buruk????
namun yang pastinya dari sikap ke dua tersebut tidak ada hikmahnya dalam hidup kita, malah lebih bersifat rugi....Karena dari sikap tersebut dapat mengakibatkan seseorang kehilangan nyawa, memicu seseorang untuk bertengkar, rusaknya hubungan suami istri, persaudaraan, percintaan, dllnya। dalam alqur'an berbunyi:

“ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]

dalam islam sikap prasangka tersebut di larang, seperti dalam kandungan ayat ini untuk menjauhi sikap berprasangka karena sebahagian dari sikap prasangka ada yang merupakan perbuatan dosa, selain itu dalam ayat ini juga terdapat larangan berbuat tajassus ialah mencari-cari kesalahan-kesalahan atau kejelekan-kejelekan orang lain, yang biasanya merupakan efek dari prasangka yang buruk.
karena itu....kita harus bisa untuk terus mencoba dan berusaha untuk menerapkan dalam hidup dan hati untuk selalu menanamkan sikap prasangka baik pada siapapun...tak terkecuali pada mereka yang kerap berprasangka buruk pada kita.

Amirul Mukminin Umar bin Khathab berkata, “Janganlah engkau berprasangka terhadap perkataan yang keluar dari saudaramu yang mukmin kecuali dengan persangkaan yang baik. Dan hendaknya engkau selalu membawa perkataannya itu kepada prasangka-prasangka yang baik.

Cara Mencegah Prasangka Buruk

1. Berfikir Positif. Dengan berfikir positif, kita akan selalu dapat melihat kebaikan orang lain sehingga menghindarkan kita dari prasangka buruk. Dengan selalu melihat kebaikan orang lain, kita pun akan berteman dengan orang-orang yang baik pula.
2. Lengkapi Informasi. Sebelum menuduh seseorang, coba berfikir ulang, apakah info yang anda dapat sudah pasti kebenarannya. Mengecek dengan teliti benar atau tidaknya dugaan kita terhadap orang lain, akan sangat membantu menghilangkan prasangka buruk kepada orang tersebut.
3. Perluas Pergaulan. Carilah teman sebanyak mungkin, jangan membatasi pergaulan hanya dengan orang-orang tertentu. Dengan pergaulan yang luas dan beragam, akan terbuka pikiran dan wawasan tentang segala hal yang ada di sekitar kita. Kitapun akan lebih mudah beradaptasi dan bertoleransi dengan orang lain.
4. Perbanyak Kegiatan. Isi waktu dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Ini agar tidak ada waktu yang terbuang percuma sekaligus mencegah timbulnya pikiran-pikiran negatif.
5. Tingkatkan Ibadah. Mendekatkan diri pada Tuhan dengan semakin meningkatkan kulitas ibadah merupakan salah satu cara yang efektif untuk menepis prasangka buruk serta membuat hati kita bersih dan damai.

Sumber :
Kompas, Minggu 11 Mei 2008.
http://c3r14.multiply.com/journal/item/62/prasangka_buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar